KAPOL.ID — Penjabat (Pj.) Bupati Sumedang, Yudia Ramli, menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dalam ajang Gebyar Pelayanan Prima 2024, di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2024).
Kabupaten Sumedang meraih Kategori Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024 sebagai daerah yang memberikan pelayanan publik terbaik di Indonesia.
“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi daerah untuk terus berbenah. Kualitas pelayanan publik harus menjadi prioritas utama agar tercipta pemerintahan yang lebih responsif dan profesional,” kata Menpan RB, Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya.
Menpan RB juga menekankan pentingnya inovasi dan transparansi dalam pelayanan kepada masyarakat.
“Kami ingin reformasi birokrasi benar-benar memberikan dampak nyata sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran dan peran aktif pemerintah,” ujar Azwar Anas.
MenPAN RB juga menegaskan komitmen kementeriannya untuk terus mendorong sinergi dan inovasi antar instansi guna menciptakan pelayanan publik yang lebih inklusif dan transformatif.
“Saya berharap masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari reformasi birokrasi yang berkelanjutan,” tuturnya.
Sementara itu, Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tersebut.
“Pelayanan publik adalah bagian yang tak terpisahkan dari fungsi pemerintah. Ia merupakan ruh dari penyelenggaraan pemerintahan,” ungkapnya.
Menurut Pj. Bupati Yudia, pelayanan publik yang saat ini diusung oleh Kabupaten Sumedang adalah pelayanan yang berdampak, transformatif, dan inklusif.
Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sumedang telah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan publik, memastikan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat, dan berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
“Terima kasih kepada Menpan RB atas penghargaan ini. Ini adalah bonus yang menunjukkan bahwa pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Sumedang, wajib menyelenggarakan pelayanan publik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.
Dalam kegiatan tersebut Kemenpan RB memberikan 106 total penghargaan kepada kementerian, lembaga pemerintah, serta pemerintah provinsi kabupaten, dan kota di Indonesia atas komitmen dan usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Penghargaan tersebut mencakup kategori pembinaan pelayanan publik ramah kelompok rentan, evaluasi kinerja pelayanan publik, serta Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI).
Gebyar Pelayanan Prima 2024 mengusung tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif.”
Turut pula digelar berbagai kegiatan lainnya, seperti _soft launching_ Mal Pelayanan Publik (MPP), penetapan Mal Pelayanan Publik Digital (MPPD), dan peluncuran Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP).***