Tahun 2024 Kec. Cipatujah Siap Ekspor Padi Organik

  • Bagikan
Petani di empat desa Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya mengikuti pelatihan padi organik.*

KAPOL.ID-
Sejumlah kelompok petani dari 4 desa di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, mengikuti pelatihan padi organik di Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah.

Selama tiga hari, petani mendapatkan pelatihan dari Dinas Pertanian Kab. Tasikmalaya, BPP Kecamatan Cipatujah bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang.

“Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari percetakan sawah baru. Sebagai upaya peningkatan dan pengembangan produksi padi di dataran tinggi,” ucap Manajer Fasilitator, Heri Sogiri, Rabu (24/11/2021).

Pelatihan diikuti poktan 4 desa yakni Bantarkalong, Padawaras, Darawati dan Kertasari untuk meningkatkan kemampuan petani. Terutama mendukung swasembada pangan dan produksi padi.

“Tahun 2024, Kecamatan Cipatujah siap menjadi lumbung padi organik dan siap ekspor,” katanya.

Camat Cipatujah, Darja mendukung langkah Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya menjadikan wilayahnya sentral penghasil padi bernilai tinggi tersebut.

“Empat desa di wilayah kami sebelumnya memang sudah gencar mencetak sawah baru, bekerjasama dengan TNI. Ratusan hektar sawah mulai ditanami padi organik,” jelasnya.

Dia berharap pelatihan ini bisa menjadi pendorong para petani dalam meningkatkan kualitas dan produksi.

Kades Bantarkalong, H. Yani mengatakan, pencetakan ratusan hektar sawah di desanya, sebagai bentuk dukungan warga terhadap program tersebut.***

  • Bagikan