Yuk Main ke Kampung Batik Tasik

  • Bagikan

Oleh Bari Kader PC PMII Kota Tasikmalaya

Batik adalah salah satu karya seni khas Indonesia yang menjadi salah satu primadona di dunia karena keindahan motif yang menggambarkan suatu tradisi budaya.

Selain itu kain batik ini menjadi keindahan serta kebanggan tersendiri bagi setiap orang yang menggunakannya. Setiap motif batik di nusantara ialah menggambarkan keanekaragaman bangsa ini.

Dari mulai ujung barat sampai timur memiliki motif dan ciri khas masing-masing dengan filosofi dan makna tertentu dari setiap goresan motif batik itu sendiri.

Ada beberapa jenis batik diantaranya batik Tulis, Batik Cap dan Printing, dari berbagai jenis batik ini yang paling mahal ialah batik tulis.

Karena batik tulis ini memerlukan jiwa seni yang tinggi bagi setiap orang yang membuatnya, selain itu batik tulis juga prosesnya cukup membutuhkan waktu yang lama diantara jenis batik lainnya.

Salah satunya Kota Tasikmalaya Jawa Barat juga memilki ciri khas batik yang menjadi unggulan dan produknya sudah melanglang buana di kacah nasional bahkan internasional.

Tepatnya di Cigeureung Kecamatan Cipedes kurang 15 menit dari Masjid Agung Kota Tasikmalaya daerah ini menjadi sentra batik khas Tasikmalaya yang kemudian masyarakatnya sebagian besar aktivitas dan mata pencahariannya dari membatik.

Di kampung batik ini hampir setiap rumah ke rumah dapat kita temui gerai dan produksi olahan batik khas Tasikmalaya. Kita sebagai warga Kota Tasikmalaya harus merasa bangga dengan adanya hal seperti ini, apalagi untuk generesi muda harus bisa menjaga tradisi warisan budaya membatik.

Karena mambatik ini bukan suatu hal yang sangat mudah dan tidak bisa kita temukan di setiap daerah.

Kini, Batik Tasik menjadi salah satu destinasi wisata komoditi unggulan yang ditetapkan pemerintah Kota Tasikmalaya karena memiliki nilai seni dan sejarah.

Salah satunya pada saat peresmian koperasi mitra batik yang langsung di hadiri bung hatta, karya batik tasik menjadi primadona berbagai orang yang hadir pada saat itu.

Tidak sampai pada saat itu saja, batik tasik ini hingga sekarang tetap menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Kota Tasikmalaya.

Selain itu batik tasik ini sering ikut serta dalam kegiatan pameran event nasional bahkan international karena batik tasik ini sudah masuk dalam daftar yayasan batik nasional dan menjadi pajangan produk unggulan di Bank Indonesia Tasikmalaya.

Ada berbagai jenis motif batik unggulan khas Tasikmalaya yang berbeda dengan kota lain diantaranya : Merak Ngibing, Kendi, Rumah Adat Kampung Naga, Daun Taleus, Ramat Lancah, motif Payung dan Kelom Gelis serta masih banyak yang lainnya.

Aktivitas membatik ini dilakukan setiap hari dari mulai pagi sampai sore hari, biasanya mereka melakukan persiapan sejak subuh untuk mememulai aktifitas membatik ini. Sehingga pada saat matahari mulai terlihat mereka sudah siap untuk memola atau menggoreskan lukisan menggunakan canting.

Setelah itu di siang harinya mulai menjemur untuk mengeringkan dan menutup hasil pola menggunakan malam atau lilin penutup yang nantinya akan di celep atau di beri warna warna pada kain batik itu.

Membatik ini kegiatan yang bisa di lakukan setiap orang dari mulai anak-anak hingga usia lanjut, terutama generasi milenial atau pelajar. Karena membatik ini bukan hal yang mudah tetapi tidak sulit dilakukan hanya butuh waktu dan keuletan serta sering dilakukan.

Tradisi seni membatik ini harus kita jaga untuk mempertahankan budaya agar tidak di klaim oleh negara lain, terutama harus menanamkan mencintai budaya tradisi sejak dini.

Untuk yang ingin belajar membatik kita bisa langsung datang ke kampung batik Tasikmalaya menggunakan kendaraan pribadi motor dan mobil ataupun angkutan kota 09. Karena kampung batik ini lokasinya masih berada di dalam kota kurang lebih 2 km dari Taman Kota.***

  • Bagikan