163 Peserta Ikuti Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan

SUMEDANG, (KAPOL).- Sebanyak 163 peserta yang terdiri dari Kepala MI, MTs dan MA  se-kabupaten Sumedang mengikuti Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang dipelopori oleh Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Guru Madrasah Indonesia (DPD PGMI) Kabupaten Sumedang.

Orientasi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan dilaksanakan selama satu hari di Aula Sarana penunjang Pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Rabu (2/10/2019).

Ketua Panitia, Urip Maryana menjelaskan, pelaksanaan Orientasi Mabigus  bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan terhadap Undang-Undang Kepramukaan dan AD/ART Gerakan Pramuka kepada para peserta.

Berdasarkan hal tersebut, ke depan para kepala madrasah dapat meningkatkan peran sertanya dalam mengaktifkan kegiatan kepramukaan di sekolah atau di gugus depan masing-masing.

Ia menambahkan, kegiatan tersebur terselenggara berkat peran serta seluruh satuan pendidikan atau gugus depan serta pangkalan masing-masing yakni berdasarkan swadaya.

Hasil realisasi atau rencana tindak lanjut dari orientasi ini, pada bulan Desember 2019 mendatang dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke 75 akan  diadakan Kemah Terpadu Kementerian Agama se-kabupaten Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang menyampaikan, PGMI memiliki peran yang sejajar dengan PGRI. Namun demikian, kata Wabup, gaungnya belumlah sebesar PGRI.

Untuk itu, ia pun mengharapkan ke depan peran PGMI  bisa dirasakan seperti halnya keberadaan PGRI melalui  penyelenggaran berbagai kegiatan yang dirasakan masyarakat.

“Masyarakat luas harus tahu bahwa peran PGMI sama dengan PGRI. Oleh karena itu, perbanyak kegiatan yang bisa dilihat oleh masyarakat sehingga keberadaan PGMI ini bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Masih dalam sambutannya, terkait penyelenggaraan Orientasi Mabigus, Wabup Erwan menyampaikan dukungan sepenuhnya dan mengapresiasi positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

Dikatakan Erwan, kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan  karena berimplikasi terhadap kualitas pembinaan Pramuka terutama dalam meningkatkan peran dan fungsi Pramuka di Kabupaten Sumedang.

“Saya tekankan kepada para peserta untuk terus memahami  peran dan fungsi pendidikan kepramukaan dan nilai positif yang dianut dalam gerakan pramuka melalui kegiatan yang kreatif inovatif maupun sosialisasi dari ranting sampai komunitas Pramuka paling bawah sehingga getaran atau gema bisa sampai ketempat terpencil sekalipun,” ujar Wabup.

Hadir dalam kesempatan tersebut, perwakilan Ketua Kwarda Jabar Ny. Leni, Kepala Kemenag selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kementerian Agama Kabupaten Sumedang H. Hassen, Ketua PGMI Kabupaten Sumedang Ma’mun Khoer dan Ketua Harian Pramuka Gerakan Pramuka Cabang Sumedang. (KP-50/rls)***

Diskusikan di Facebook