Antisipasi Bencana, Polres Tasikmalaya Siagakan Anggota dan Alat Berat

  • Bagikan
Tanah longsor di Kecamatan Salawu beberapa waktu lalu.

KAPOL.ID–Memasuki musim penghujan yang sudah berlangsung beberapa pekan, wilayah Kabupaten Tasikmalaya waspada potensi bencana alam: banjir, longsor, pergerkan tanah dan pohon tumbang.

Mengingat bencana alam tersebut kerap terjadi di beberapa kecamatan, Polres Tasikmalaya akan berjaga-jaga. Berbagai persiapan akan dilakukan, baik SDM maupun alat.

“Kita identifikasi dulu wilayah yang biasa terjadi bencana, baik itu longsor, pergerakan tanah, banjir atau yang lainnya” terang Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono, Rabu (22/9/2021).

Beberapa wilayah yang teridentifikasi daerah rawan bencana antar lain wilayah Kecamtan Salawu, Cigalontang, Bojonggambir, Sodonghilir, Taraju, Bantarkalong, Cipatujah, Karangnunggal, Cibalong dan Culamega.

“Untuk wilayah tersebut kita optimalkan patroli anggota Polsek. Jadi jika terjadi bencana maka bisa dengan segera kita tangani,” lanjutnya.

Sebagai upaya memaksimalkan penanganan bencana, lanjut Kapolres Tasikmalaya, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Terutama untuk menyiapkan alat berat mengantisipasi longsor.

“Karena kalau longsor biasanya mengakibatkan terputusnya jalan yang ujungnya menghambat arus lalu lintas,” katanya.

Selain upaya penanganan, Kapolres juga mengimbau kepada warga yang berada di daerah dengan kontur tanah berpotensi longsor atau pergerakan tanah untuk lebih berhati-hati dan waspada.

“Jika perlu selama musim hujan seperti ini, untuk sementara waktu, sebaiknya untuk antisipasi keselamatan dikosongkan saja dulu,” saran Rimsyah.

  • Bagikan