Bahagianya Warga Ciroyom Punya Gedung PAUD

  • Bagikan
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan gedung PAUD di Ciroyom. (Foto: kapol.id/Abdul Jalal)

KAPOL.ID–Masyarakat Kampung Ciroyom, Desa Ciroyom, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya kini memiliki gedung untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sejak lama masyarakat menginginkan agar di kampung tersebut bediri gedung PAUD, agar anak-anak usia dini bisa belajar dan bermain. Pendidikan masyarakat di tingkat desa juga bisa meningkat.

Pihak Desa membangun gedung PAUD dengan mengalokasikan Dana Desa tahun 2021 tahap kedua. Sebagai lagi dari aspirasi masyarakat Ciroyom.

Kepala Desa Ciroyom, Jojo Sumpena mengatakan, meski pada masa pandemi Covid-19, pihaknya tetap melaksanakan kegiatan pembangunan baik infrastuktur jalan maupun infrastuktur bidang pendidikan.

“Untuk bidang pendidikan pihak desa mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Gedung PAUD di Kampung Ciroyom,” katanya, Selasa (19/10/2021).

Pembangunan sarana pendidikan yang berada di RT 01 RW 01 Kedusunan Ciroyom tersebut berukuran 6 X 12 meter, dengan pagu anggaran sebesar Rp 150 juta.

“Dibangunnya gedung PAUD ini diharapkan bisa meningkatkan mutu pendidikan masyarakat sejak usia dini,” lanjutnya.

Selain pembangunan Gedung PAUD, Dana Desa tahap kedua juga direlisasikan untuk pengaspalan semi hotmix jalan desa di wilayah Kedusunan Ngamplang. Panjang jalan tersebut 280 meter dan lebar 2,5 meter, dengan anggaran sebesar Rp 107 juta.

Pengaspalan jalan juga dilakukan di Kampung Citeureup dengan volume panjang 210 meter dan lebar 2 meter, menghabiskan anggaran sebesar Rp 80 juta.

“Ketiga pembangunan fisik ini, semuanya hasil aspirasi yang diserap dari masyarakat melalui Musyawarah tingkat Kedusunan dan musyawarah tingkat Desa. Kami juga membagikan BLTDD kepada 70 KPM. Masing masing menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan,” tandasnya.

  • Bagikan