Deklarasi Damai LSM, Ormas dan OKP, Wujudkan Sumedang Aman

  • Bagikan

KAPOL.ID – Menjaga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan damai di wilayah hukum Polres Sumedang menjadi bahasan Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto dalam apel Deklarasi Damai LSM, Ormas dan OKP di Mako Polres Sumedang, Selasa 12 Oktober 2021.

Kapolres Sumedang mengatakan, kalau keberlangsungan Ormas dan LSM di Indonesia telah diatur dalam konstitusi dan sistem perundang undangan dalam Pasal 28 UUD 1945 Intruksi Mentri Dalan Negeri (Imendagri) No. 8 tahun 1990 pasal 1 ayat 1.

“Pengertian Ormas atau LSM secara ideal terbentuk sebagai wujud partisipasi masyarakat. Dalam dibangun upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan, menitik beratkan kepada pengabdian secara swadaya, Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 pasal (21) ayat b,d,n LSM berkewajiban menjaga persatuan bangsa, kedamaian dalam masyarakat dan turut berpartisipasi dalam pencapaian tujuan negara.

Dikatakan, dengan Undang Undang tersebut maka Polres Sumedang menyadari betul kalau perannya sebagai aparatur yang harus menegakkan aturan sebagai wujud salah satu wujud keharusan pemerintah dan Ormas untuk saling bersinergi dalam mencapai cita-cita bangsa dan negara.

Dimana untuk itulah Polres Sumedang mengadakan kegiatan ini.

“Ini untuk kembali mengingatkan akan arti dan peran penting Ormas bagi keberlangsungan pembangunan dan memelihara kedamaian ditengah masyarakat,” ujarnya. ***

 

 

  • Bagikan