KANAL  

DLH Buka Layanan Pengaduan Sampah

Suasana salah satu TPS di Jalan Cieunteung Kota Tasikmalaya, Jumat (13/5/2022).*

KAPOL.ID –
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya membuka layanan telepon pengaduan sampah.

“Masyarakat tidak perlu lagi bingung ketika mendapati penumpukan sampah, warga tinggal langsung menghubungi nomor 082115792830.”

“Bisa langsung telepon ataupun chat Whatsapp. Sudah aktif sejak Rabu kemarin,” ungkap Kepala DLH Kota Tasikmalaya, Deni Diyana, Jumat (14/5/2022).

Satu jam setelah aktif, ia mengatakan sudah ada 16 pengaduan warga terkait sampah.

Mulai dari terlambat pengangkutan hingga bermunculannya TPS liar di berbagai titik.

“Mudah-mudahan cara ini akan memudahkan pengawasan di lapangan, karena warga Kota Tasikmalaya bisa berpartisipasi aktif memberikan informasi/pengaduan,” katanya.

Deni mengakui, saat ini masih ada tumpukan sampah di tempat penampungan sampah sementara.

Keterbatasan SDM dan armada pengangkut membuat penanganan tidak bisa cepat dan instan.

“Ketika ada informasi ke layanan pengaduan tentunya kami akan cepat merespon,” ucapnya.

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), M. Faried, mengapresiasi langkah tersebut.

Pasalnya penanganan sampah tidak akan berhasil tanpa partisipasi dari masyarakat.

“Mari kita sama-sama menjaga kota ini dengan cara menyimpan sampah rumah tangga ke tempat-tempat penyimpanan sampah yang telah disediakan.”

“Jangan sampai menyimpan sampah di mana saja sehingga menjadi pemicu masyarakat lain untuk ikut menyimpan bukan di TPS,” katanya. ***