Kejaksaan Bina Desa, Geliatkan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya menggeliatkan perekonomian masyarakat dengan cara Bina Desa. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID–Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya menjadikan Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik, sebagai salah satu desa binaan. Tujuannya untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat.

Langkah tersebut Kejaksaan lakukan mengingat situasi masih dalam tahap pemulihan, pascapandemi Covid-19. Salah satu cara menggeliatkan ekonominya dengan mengangkat sektor Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM).

Desa Binaan sendiri merupakan bagian dari program Jaksa Sahabat Desa (JABATDESA) Tahun 2021. Dalam hal ini masyarakat KUKM dibantu melakukan packaging produk sekaligus akses permodalan dari perbangkan.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, Donni Roy Hardi mengemukakan, menciptakan desa binaan merupakan inovasi pihaknya untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Dalam program ini, selain meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum, juga mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” terang Doni.

Budi daya ulat sutra adalah salah satu fokus pembinaan, sesuai permintaan masyarakat setempat. Bahkan, kata Doni, Desa Cipondok menjadi percontohan untuk desa-desa binaan lainnya ke depan.

Kepala Desa Cipondok, Giri Pribadi mengaku sangat gembira sekaligus antusias atas program kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya. Lantaran pihaknya merasa telah tetfasilitasi dan diberi kemudahan.

“Alhamdulillah kemarin dari Dinas Indag telah datang ke desa dengan difasilitasi Kejaksaan, melakukan pembinaan pada pelaku usaha di Desa Cipondok. Kami juga terbantu dalan administrasi desa dan pembangunan infrastruktur,” ujar Giri.

Giri yang juga menjabat Ketua Apdesi Kabupaten Tasikmalaya berharap ke depan Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya melakukan hal yang sama ke desa-desa lain. Dengan demikian semua desa akan maju bersama-sama.

  • Bagikan