KANAL  

Tol Gedebage-Tasik Beroperasi 2024

KAPOL.ID – Tol Gedebage -Tasikmalaya direncanakan beroperasi pada tahun 2024. Meskipun empat kecamatan yakni Kecamatan Mangkubumi, Kawalu, Tamansari dan Cibeureum bakal terlintasi namun belum ada penetapan lokasi rute resmi tol.

“Trase itu kan baru melihat gambar, lima permukiman terkena dampak. Namun baru kemungkinan karena belum penetapan lokasi,” ujar Kabid Perekonomian dan Infrastruktur Kewilayahan Bappelitbangda Kota Tasikmalaya H. Aried M ketika ditemui saat Konsultasi Publik Tol Gedebage -Tasikmalaya – Cilacap di Aula Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Rabu (12/2/2020).

Engineering Planing PT. Jasa Marga, Mintari Yulianingsih mengatakan rencana waktu pengerjaan dimulai dari pembebasan lahan tahun 2021 dan konstruksi tol pada 2022.

Jalan tol sepanjang 206,3 km itu bergantung pula tahapan konsultasi publik salah satu syarat menempuh izin lingkungan.

“Di rencana kita, tahun 2024 sudah beroperasi sampai sesi 2. Sesi 1 dan 2 itu dari Gedebage hingga Tasikmalaya. Lalu nanti dilanjutkan Tasik-Pangandaran dan Pangandaran-Cilacap. Investor sudah ada konsorsium dan izin prakarsanya,” ujarnya kepada wartawan.

Ketua Tim Amdal Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya – Cilacap, Luppy Handinata mengatakan saran dari masyarakat dalam konsultasi publik akan ditampung sebagai bahan kedepan.

Pembahasan seperti ini ujungnya pada kesepakatan dasar menyusun amdal yang akan dibahas di Komisi Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta.

“Tadi banyak pertanyaan dan masukan mulai dari tenaga kerja, dampak seperti banjir ataupun akses transportasi warga ketika tol sudah terbangun. Itu menjadi bahan dalam proses penyusunan Amdal,” katanya.

Pihaknya juga akan mengundang perwakilan warga dalam pembahasan di Jakarta. Seorang warga akan mewakili dua kecamatan beserta perangkat pemerintahan dari delapan kabupaten dan kota di dua provinsi.

“Ini kan melintasi dua provinsi, jadi dibahas di Komisi Amdal di KLHK. Penyusunan Amdal biasanya bisa rampung dalam enam bulan,” ujar Luppy. ***

—- Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment —-
Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web: https://kapol.tv
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id
Portal Inside : https://kapol.id/