Connect with us

KABAR POLISI

Kampung Tohaga Lodaya Digagas Kapolres Sumedang

|

KAPOL.ID – Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Sumedang meninjau rencana pembentukan Kampung Tohaga Lodaya di Dusun Kampung Luwuk Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Rabu, 17 Juni 2020.

Keberadaan Kampung Tohaga Lodaya, kata Bupati, merupakan gagasan dari Kapolres Sumedang, AKBP Indra Dwi Laksmana.

“Tujuannya, untuk membentuk kampung yang tangguh dalam menghadapi berbagai masalah yang ada,” kata bupati.

Kampung ini tangguh dalam berbagai bidang baik sosial, ekonomi, budaya dan kesehatan.

Terutama ekonomi, terkhusus dalam menghadapi Covid ini. Kampung-kampung ini betul-betul siap menghadapinya.

Bagaimana disiapkan ruang isolasinya, bagaimana masyarakat menjaga protokol kesehatan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Dari sisi ekonomi, Kampung Tohaga Lodaya, ada lumbung padi, perikanan, peternakan. Jadi ada ketahanan pangan di Kampung ini. Lumbung padi luar biasa sudah sejak lama, bahkan kasnya sudah mencapai Rp 100 juta,” ucapnya.

Jadi kampung ini siap menghadapi berbagai kondisi yang ada, kemudian mandiri bisa memenuhi kebtuhannya dari hasil olahan masyarakat itu sendiri.

Camat Cisitu, Arry Kusnadi, mengaku bangga di wilayahnya yang dijadikan pilot project Kampung Tohaga Lodaya.

Ia berharap ini merupakan awal dari ketangguhan Negara.

“Karena kalau kampung sudah tangguh insyaallah desa bisa tangguh termasuk kecamatan tangguh, kabupaten tangguh. Bahkan yang lebih atasnya ya negara bakal tangguh. Itu harapan kami,” ungkap Arry.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Linggajaya, Agus Wawan, dia mengaku bangga salahsatu kampungnya dijadikan pilot project Kampung Tohaga Lodaya yang merupakan program dari Kepolisian RI yang ditindaklanjuti oleh Polda dan Polres Sumedang.

“Ya kami merasa bahagia, khsusunya warga masyarakat Desa Linggajaya dengan penunjukkan sebagai Kampung Tohaga ini,” ujarnya. ***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *