Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasik: Pemerintah Wajib Sejahterakan Honorer

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Demi Hamzah Rahadian menilai sangat pas bila honorer mendapat gaji sesuai UMR. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Demi Hamzah Rahadian menekankan bahwa salah satu kewajiban pemerintah adalah memberikan kesejahteraan guru. Apalagi kondisi sekarang kebutuhan atas guru sangat tinggi.

Pernyataan tersebut Demi kemukakan sebagai respon atas keluhan Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (FHGTK), yang menggelar audiensi dengan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Senin (15/11/2021).

Organisasi yang beranggotakan sekitar 3.875 guru tersebut mengeluhkan tiga hal. Antara lain soal rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), insentif guru tahun 2021 dan upaya memprioritaskan guru dengan lulus passing grade pada 2021 untuk diprioritaskan pada 2022.

Baca Juga: FHGTK Sambangi Gedung DPRD Kabupaten Tasik

“Angka kebutuhan guru di Kabupaten Tasikmalaya itu masih banyak. Harus diperhatikan juga minimal kesejahteraannya. Bagi yang lulus P3K ada jaminan dan hak dari pemerintah untuk mendapatkan tunjangan atau gaji. Apakah bagi mereka yang belum lulus P3K atau PNS lantas pemerintah tidak memikirkan ke arah sana?” lanjutnya.

Maka, atas nama Ketua Komisi I DPRD, Demi mendorong Pemkab Tasikmalaya agar mengalokasikan anggaran guna meningkatkan kesejahteraan guru honorer. Bahkan lebih jauh dari itu, dirinya juga memikirkan nasib honorer pada instansi lain, seperti pada Dinas Perhubungan, Satpol-PP dan lain sebagainya.

Terkait besaran kesejahteraan bagi honorer, katanya, soal angka besar-kecilnya memang realtif. Namun paling tidak akan sangat pas bila sesuai dengan UMR.

Baca Juga: Sekda Nilai Positif Gerakan FHGTK, Pihaknya Berharap Bisa Kabulkan Harapan Mereka

“Perhatian kesejahteraan ini adalah sesuatu yang didapatkan dari pengabdian para guru honorer ini, meskipun statusnya bukan PNS atau P3K, tetapi beban kerja mereka kan sama,” Demi menandaskan.

  • Bagikan